Ikon dan Pusat Kawasan Pariwisata Kota Makassar | Travel "Pantai Losari"


Yoo guys, welocome back to my blog~
Kali ini kita akan membahas salah satu ikon Kota Makassar, apalagi kalau bukan Pantai Losari. Pantai Losari merupakan anjungan pantai yang berada di pusat Kota Makassar tepatnya di Jln. Penghibur, Kota Makassar. Pantai ini tak seperti pantai pada umumnya yang berpasir, tapi lebih berbentuk anjungan yang di atasnya dibuat sarana dan prasarana untuk menikmati pantai ini.

Potret bagian tengah kawasan Pantai Losari
(Image Copyright to its Respective Owner)

Sejarah Pantai Losari
Dilansir dari Wikipedia, Dulunya pantai ini merupakan pusat makanan laut dan ikan bakar pada malam hari serta disebut-sebut warung terpanjang di dunia karena banyak warung yang berjejer di sekitaran pantai ini. Dulu pantai ini dikenal sebagai pasar ikan dimana saat itu banyak pedagang yang berjualan ikan di pagi hari, lalu sore harinya banyak pedagang yang berjualan kacang, pisang epe, serta makanan ringan khas Makassar lainnya. Lalu pedagang makanan laut dan ikan bakar di malam harinya.

Saat ini padagang-pedagang makanan laut tersebut telah di pindahkan pada sebuah tempat, di depan rumah jabatan walikota yang masih berdekatan dengan Pantai Losari. Menyisakan pedagang makanan ringan khas Makassar eperti pisang epe dan sarabba di Pantai Losari.

Pantai Losari Kini, Pusat Pariwisata kota Makassar
Kini Pantai Losari menjadi pusat wisata Kota Makassar, di pantai ini banyak aktivitas wisata yang dapat kita lakukan. Banyak objek wisata serta industri pariwisata di sekitar pantai ini. Bagi para turis yang berkunjung ke pantai ini akan mudah menemukan hotel, toko souvenir, serta kuliner khas Makassar di sekitar Pantai Losari.

Contohnya saja untuk objek wisata, seperti Fort Rotterdam, Pantai Akkarena, Pulau Samalona, Pulau Lae-Lae serta objek wisata lain yang mudah diakses dari Pantai Losari. Banyak pilihan tempat menginap mulai dari yang termurah hingga yang menyajikan fasilitas mewah. Terdapat pula kawasan oleh-oleh khas Makassar dan pusat kuliner khas Makassar yang tidak jauh dari Pantai Losari. Jadi bagi seorang traveller yang berkunjung ke Makassar tentu wajib untuk mengunjungi Pantai Losari karena banyak akses wisata yang berdekatan dari pantai ini.

Aktivitas Pantai Losari
Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang luas dengan pulau-pulau kecil di sekitaran Kota Makassar yang dapat kita lihat dari pantai ini. Salah satu waktu yang ramai di Pantai Losari adalah saat Car Free Day di minggu pagi, banyak pedagang-pedagang yang menjual berbagai dagangan mulai dari pakaian, barang-barang rumah tangga, elektronik, makanan dan lain-lain. Banyak masyarakat yang datang kesini sekadar menikmati udara pagi di pantai ini, ada yang menjadikannya titik finish saat jogging di pagi hari lalu mencari sarapan di sini. Ada yang melaksanakan senam pagi di pantai ini, ada pula yang sekadar jalan-jalan menikmati suasana pantai di pagi hari.

Terlepas dari Car Free Day, setiap sore banyak pula masyarakat maupun turis yang datang ke Pantai Losari untuk menikmati momen-momen tenggelamnya matahari. Menikmati sunset di pantai ini sangat indah karena pemandangan pantai yang mengarah ke barat. Banyak orang yang sekedar menikmati pemandangan sunset, dan tak sedikit pula yang memburu potret sunset dari pantai ini.
Di setiap malam hari, kawasan Pantai Losari kembali ramai dengan banyaknya masyarakat dan turis yang ingin menikmati suasana keramaian malam Kota Makassar di pantai ini. Pantai ini menjadi ramai dengan banyaknya pedagang-pedagang camilan khas Makassar, serta beberapa atraksi yang kerap diadakan di Pantai Losari. Tak jarang banyak event mulai dari skala lokal, nasional, hingga internasional yang diadakan di pantai ini baik malam hari ataupun dimulai dari siang hari.

Fasilitas Pantai Losari
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta turis yang berkunjung di Pantai Losari, banyak fasilitas yang diadakan oleh pemerintah maupun pelaku usaha disekitar pantai ini. Di kawasan anjungan Pantai Losari telah ditempatkan fasilitas toilet umum, bagi umat muslim juga terdapat masjid terapung di sini. ada pula gereja maupun rumah ibadah lain di sekitar pantai ini. Rumah sakit, tempat penginapan, tempat hiburan seperti karaoke, hiburan malam, juga ada di sekitar pantai ini. Tentu pantas jika Pantai Losari menjadi pusat wisata kota Makassar dengan berbagai fasilitas yang dimiliki pantai ini maupun disekitarnya.

Selain Pantai Losari, Makassar memiliki banyak objek wisata yang menambah pengalaman para traveller. Dengan segala keindahan bahari, kebudayaan, dan alamnya menjadikan Makassar salah satu destinasi wisata yang lengkap.

Let’s Explore Sulawesi Selatan, Specially Makassar City
So buat para traveller, saya mengajak kalian untuk mengunjungi Kota Makassar dan merasakan atmosfir kota ini seperti slogan pariwisata pemerintah Sulawesi Selatan yaitu “Explore South Sulawesi” dan memasuki kawasan Sulawesi Selatan kalian akan melewati Kota Makassar ini.

Jadi konklusinya adalah, buat kamu para raveller wajib untuk mengunjungi Sulawesi Selatan dan khususnya Kota Makassar. tidak sah jika berkunjung ke daerah timur Indonesia jika tidak pernah mengunjungi Kota Makassar, haha

Itu saja artikel saya tentang Pantai Losari kali ini, semoga bisa bermanfaat buat yang sedang mencari referensi tentang Pnatai Losari dan ingin mengunjunginya. bagi yang memiliki pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar, secepatnya akan saya balas. enjoy your day, cheers!


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Magang di Otoritas Jasa Keuangan

Magang di OJK, ngapain aja? - Interview

Saksi Sejarah Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo | Travel "Fort Rotterdam"