Pusat Indonesia Timur dan Pintu Menuju Sulawesi Selatan | Travel "Kota Makassar"

Yoo guys, welcome back to my blog~

So kemarin2 kita udah bahas Fort Rotterdam dan Pantai Losari, which is salah satu ( atau dua yakk) dari objek wisata Kota Makassar. tak afdol sebenarnya jika tak memulai postingan blog tentang pariwisata di kota Makassar jika tak dimulai dari postingan khusus kota Makassar itu sendiri. So kali ini kita akan membahas tentang kota kelahiran saya, kota Makassar!
Kota Makassar merupakan ibukota provinsi Sulawesi selatan dan merupakan kota metropolitas terbesar di kawasan Indonesia timur. Bahkan dulu menjadi ibu kota Negara Indonesia timur (sumber wiki). Sebagai pusat dari Sulawesi, terdapat banyak hl yang bisa di explore dari kota ini. So lets begin our journey!




SEJARAH KOTA MAKASSAR
Dikutip dari Wiki, nama Kota Makassar telah ada sejak abad 14 sebagai salah satu daerah taklukan Majapahit. Pada Abad 16, Makassar menjadi pusat perdagangan yang dominan di Indonesia Timur, sekaligus menjadi salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 1971-1999, untuk alasan politik nama Kota Makassar diganti menjadi Ujung Pandang.  Barulah pada tahun 1999 diubah kembali menjadi Kota Makassar.
Secara demografis, kota ini tergolong multi kultur dengan berbagai suku bangsa yang menetap didalamnya. Diantaranya yang signifikan jumlahnya adalah Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.         


 KOTA MAKASSAR SEBAGAI DESTINASI WISATA
Lewat dari masa sejarah kota Makassar, kini Makassar tetap menjadi pusat Indonesia bagian timur. Dan menjadi pintu masuk ke Sulawesi Selatan. Dengan kekayaan budaya dan Keindahan Alam Makassar, Kota Makassar pantas menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi.
Selain sebagai destinasi wisata, kota Makassar merupakan penghubung untuk masuk ke daerah wisata lain yang masih berdekatan dengan Makassar seperti Bulukumba, Toraja, Malino, dll.


WISATA KOTA MAKASSAR
Makassar menghadirkan berbagai objek wisata, berikut diantaranya.



1. Pantai Losari
Sebagai Ikon dari Kota Makassar, Pantai Losari merupakan salah satu pusat wisata di kota Makassar. Pantai berbentuk tanjung ini dapat berada di sebelah barat kota Makassar. dengan pemandangan laut yang mengarah ke barat, pantai ini merupakan tempat yang asyik untuk menikmati sunset sekaligus menikmati kuliner khas Makassar yang di jajakan disekitaran daerah pantai. Pantai ini berdekatan dengan objek wisata kota Makassar lain yang akan di jelaskan di bawah



2. Benteng Fort Rotterdam
Benteng ini merupakan benteng yang awalnya dimiliki oleh kerajaan gowa-tallo, namun di ambil alih oleh belanda. Kemudian belanda mendirikan bangunan-bangunan khas belanda di kawasan benteng ini yang masih ada hingga sekarang. Di benteng ini terdapat museum La Galigo yang memamerkan budaya kota Makassar. di benteng ini sering diadakan event-event berskala local, nasional, hingga internasional. Dengan arsitektur belanda, serta museum kebudayaan kota Makassar menjadikan fort Rotterdam sebagai objek wisata sejarah dan budaya untuk mengenal lebih dalam kota Makassar.



3. Benteng Somba Opu
Benteng ini merupakan benteng yang dibuat pada abad 16 oleh Raja Gowa ke-9. Benteng ini dulunya sempat dihancurkan dan terendam oleh ombak pasang, barulah pada tahun 1980 ditemukan kembali oleh beberapa ilmuan yang dating ke tempat itu. Benteng ini telah di rekonstruksi hinga terlihat lebih baik lagi. Di benteng ini kita dapat melihat berbagai rumah-rumah adat Sulawesi selatan. Terdapat banyak rumah yang di namakan sesuai daerah asal rumah adat tersebut. Seperti rumah adat takalar, jeneponto, wajo, soppeng dll



4. Wisata Kepulauan Kota Makassar
Terdapat banyak pulau kecil disekitar kota Makassar yang masih masuk dalam bagian daerah kota ini. Salah satu yang terkenal adalah Pulau lae-lae, pulau samalona, dan pulau khayangan. Masih banyak pulau-pulau disekitaran kota Makassar yang dapat dikunjungi untuk berwisata. Kita dapat menikmati keindahan bahari dari pulau-pulau ini dengan snorkeling, diving serta kegiatan lain.

Untuk wisata kepulauan sendiri, diluar Makassar (yang masih bisa diakses melalui kota Makassar) terdapat banyak sekali pulau-pulau eksotis dan indah, baik yang berpenghuni maupun yang tidak. Jika kamu seorang island Addict, Makassar dengan beragam pulau kecilnya merupakan tempat yang tepat untuk kamu explore~


AKSES KOTA MAKASSAR KE DAERAH WISATA LAIN
Sebagai ibukota provinsi Sulawesi selatan, Kota Makasssar merupakan salahs atu kota akses menuju daerah wisata lainnya di daerah Sulawesi selatan. Sebut saja Wisata Kepulauan di Kabupaten Pangkep, Wisata Alam Malino, Bantimurung, Pantai Bira di Bulukumba, Wisata Tana Toraja, dll



1. Malino 
Merupakan wisata alam yang masuk dalam daerah kabupaten gowa. Daerah ini berjarak sekitar 90 km dari kota Makassar. dengan keindahan alam yang sejuk serta hutan pinus yang memukau bak lukisan tempat ini sejak dahulu telah dijadikan tempat rekreasi. Mengutip dari salah seorang traveller, suasan kota malino seperti dalam film-film box office.



2. Bulukumba 
Bulukumba adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Sulawesi selatan. Di daerah ini terdapat banyak pengrajin kapal phinisi, yaitu kapal khas Sulawesi. Pengrajin disini merupakan pengrajin yang telah turun temurun membuat kapal phinisi, sehingga menjadi budaya di bulukumba. Di daerah ini banyak pula objek wisata menarik yang dapat dikunjungi, salah satunya desa adat ammatoa yaitu desa adat yang masih memegang teguh warisan-warisan budayanya. Ada pula pantai bira, pantai dengan pasir putih dan air jernih yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. 



3. Tana Toraja
Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Yang unik dari toraja salah satunya adalah bentuk rumah adat mereka yaitu rumah adat “Tongkonan” yang artinya duduk bersama-sama. Didepan bagian rumah adat tongkonan dihiasi banyak tanduk kerbau, (Tana Toraja punya budaya tentang kerbau). Toraja juga sangat khas dengan adat kematian mereka dimana bagi mereka yang meninggal akan diadakan acara “Rambusolo” dan makam diatas tebing.

Untuk tiap daerah wisata yang berdekatan dengan Kota Makassar kedepannya Inshaa Allah akan saya buatkan postingan sendiri, so just stay tuned~


WISATA KE MAKASSAR
Bagi kalian yang ingin mengunjungi Kota Makassar bisa melalui akses lewat udara, laut, dan pastinya darat. Tidak susah untuk mendapat transportasi umum begitu berada di kota ini, mulai dari transportasi umum, maupun taxi konvensional dan taxi online. Dan yang terpenting sudah banyak penginapan yang tersedia, mulai dari yang sangat murah hingga yang memberikan kualitas lebih. Dengan akomodasi yang mudah, tak salah untuk menjadikan Kota Makassar  sebagai destinasi wisata kalian berikutnya. Tak afdol rasanya jika travelling keliling Indonesia, ataupun hingga keluar negeri jika tidak pernah meng-explore keindahan Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar.

Mungkin sampai disini saja postingan saya tentang kota kelahiran saya, Kota Makassar. Buat yang punya pertanyaan seputar Kota Makassar entah rekomendasi wisata, akomodasi, ataupun yang lain-lain bisa komen dibawah.

Cheers~

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Magang di Otoritas Jasa Keuangan

Magang di OJK, ngapain aja? - Interview

Saksi Sejarah Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo | Travel "Fort Rotterdam"